Cara Membuat Sitemap Berbasis Text menggunakan Notepad

Cara Membuat Sitemap Berbasis Text menggunakan Notepad
Share
Kali ini Maya mau ngebahas masalah sitemap situs. (duh...laganya kaya jagoan webmaster aje....hehehe, CULUN = mode ON). Sebenarnya Maya juga masih awam tentang hal klenik perwebmasteran.

Tapi Maya berpikir Ilmu itu akan bermanfaat kalau dibagikan, daripada dipendam dalam hati nantinya timbul jerawat lebih baik dipamerin (prikitiiiiw...).

OK, mulai.....

Apa sih sitemap itu dan apa gunanya kita pake mikirin sitemap segala?

Sitemap itu kalau diartikan ke bahasa manusia adalah peta situs. Sitemap adalah sekumpulan daftar halaman atau file yang terdapat dalam sebuah situs. Lalu apa gunanya kita harus bikin peta situs?.

Sitemap merupakan salah satu cara untuk memberitahukan semua halaman atau file yang ada dalam situs kita kepada mesin peramban atau kerennya search engine. Nah kita perlu membuat dan mendaftarkan sitemap situs kita ke mesin peramban seperti Google seandainya kita ingin agar semua halaman yang terdapat dalam situs kita diketahui oleh om Google karena mungkin saja ada halaman situs kita yang tidak bisa diketahui oleh om Google saat proses crawling situs kita.

Sitemap akan sangat membantu apabila:

  • Situs kita mempunyai konten yang dinamis.
  • Situs kita memiliki halaman yang tidak mudah ditemukan oleh Googlebot saat proses crawling, misalnya situs yang kaya konten AJAX dan image.
  • Situs kita masih baru dan mempunyai sedikit back link ke situs kita.
  • Situs kita mempunyai arsip halaman yang sangat banyak dan tidak terhubung (link) dengan baik atau bahkan tidak terhubung sama sekali.

Sekarang yang Maya bahas adalah cara manual membuat Sitemap berbasis text menggunakan notepad, sebenarnya masih ada cara lain yaitu menggunakan sitemap generator atau xml.

Langkahnya:

  1. Buka notepad

  2. Tulis semua URL halaman yang terdapat pada situs kita dengan format 1 URL per baris, dan format penulisan harus disamakan, misalnya menyertakan www maka semua harus disertakan www contoh:
    http://www.situsku.com/page1.html
    http://www.situsku.com/page2.html
    http://www.situsku.com/page3.html

    Kalau penulisan URL nya tidak menyertakan www maka semuanya harus ditulis tanpa www, contoh:
    http://situsku.com/page1.html
    http://situsku.com/page2.html
    http://situsku.com/page3.html

  3. Satu file sitemap hanya boleh berisi maksimal 50.000 URL dan tidak boleh berisi informasi lain selain daftar URL.

  4. itemap.txt
  5. Setelah semua URL ditulis kemudian save file dengan format .txt dan harus menggunakan type encoding UTF-8.


  6. Kemudian upload file sitemap.txt tersebut ke directory utama situs di server.

  7. Setelah selesai diupload kemudian daftarkan (submit) sitemap ke Google menggunakan Google Webmaster Tool.

  8. Setelah sitemap selesai disubmit nanti om Google akan mengcrawl situs dan semua halaman yang terdapat dalam daftar sitemap tadi apabila berhasil maka semua halaman situs kita akan keindex sama om Google. Jadi kita ngga usah submit URL ke search engine satu-satu, cukup dengan satu file sitemap kita bisa submit beberapa URL atau bahkan beberapa situs dalam satu file sitemap.

Menurut Maya ini merupakan salah satu elemen dari beberapa trik SEO yang mungkin semua Maya lover udah pada jago. Cara ini merupakan cara yang mudah dan simpel khususnya bagi yang tidak biasa atau bahkan tidak bisa dan ga mau bingung dengan script termasuk Maya sendiri .....hehehe ngaku deh.

1 Response to "Cara Membuat Sitemap Berbasis Text menggunakan Notepad"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel